Monday, October 5, 2009

teknologi dalam Bisnis

Teknologi Informasi Dalam Stategi Dasar Bisnis - Presentation Transcript

  1. Teknologi Informasi dalam Stategi Dasar Bisnis Penerapan Teknologi Informasi dalam Strategi-strategi Dasar di Bisnis
  2. Menggunakan Teknologi Informasi untuk mengurangi Biaya dalam proses Bisnis secara mendasar

    • Dalam rangkaian proses bisnis untuk
    • menghasilkan barang atau jasa, dicari
    • bagian-bagian mana atau hal-hal apa yang
    • dapat diefisienkan dalam prosesnya, sehingga
    • Dapat mengurangi biaya, dengan menerapkan
    • TI. Contoh : Otomatisasi produksi


  3. Menggunakan IT untuk mengurangi keuntungan diferensiasi dari pesaing

    • Dengan semakin beragamnya produk dan
    • Jasa yang ditawarkan memberikan keung-
    • gulan yang lebih. Bila ini dimiliki oleh pesaing,
    • maka dapat digunakan IT untuk mengurangi
    • keuntungan diferensiasi pesaing, Contoh :
    • Memudahkan pelanggan untuk mengakses
    • produk dengan spesifikasi yang lengkap dengan
    • menggunakan IT


  4. Menciptakan Produk dan Jasa Baru termasuk komponen IT di Dalamnya

    • Dalam tingkat persaingan yang ketat dan
    • tingkat kejenuhan pasar yang cepat,
    • dibutuhkan produk-produk baru untuk menyiasati hal tersebut. Dalam hal inilah peran IT dapat dimanfaatkan dengan baik dalam membantu menghasilkan produk dan jasa yang baru. Contoh :
    • Melakukan simulasi design produk baru dengan menggunakan IT.


  5. Menggunakan IT untuk memper- luas dan mengintegrasikan ke dalam produk dan jasa yang lain

    • Dengan banyaknya produk dan jasa yang ada, terkadang diperlukan sebuah sentuhan yang tepat untuk mensinergikan produk yang satu dengan yang lain, sehingga dapat menghasilkan suatu keunggulan bersaing yang lebih. Contoh :
    • Melakukan simulasi produk-produk yang ada dengan IT, mengadopsi keunggulan suatu produk untuk produk lain.


  6. Pengembangan Sistem Informasi yang Terhubung antar Pengusaha lewat Internet and extranet, Yang mendukung strategi bisnis dalam hubungan dengan pelanggan, pemasok, subkontraktor dan lainnya

    • Membentuk suatu jaringan informasi yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam suatu lingkup bisnis, dimana satu dengan yang lainnya saling terkait dan menunjang. Contoh :
    • Membuat suatu forum di internet yang dapat diakses oleh setiap member yang ada, untuk mendiskusikan atau membicarakan suatu hal.


No comments:

Post a Comment