Monday, October 5, 2009

facebook dalam bisnis Online

Facebook Dalam Bisnis Online 
Tidak bisa dipungkiri lagi, Facebook merupakan salah satu situs pertemanan yang digemari orang banyak, barangkali Anda adalah salah satunya. Dari segi sosial, Facebook sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan pertemanan, baik itu teman baru maupun teman lama yang sudah lama tidak bertemu, berkat Facebook akhirnya hubungan bisa terjalin kembali. Namun, tidak semua orang tahu bahwa Facebook ternyata bisa bermanfaat untuk bisnis, Facebook bisa dijadikan sarana untuk mencari duit. Nah bagaimana cara mencari duit lewat facebook ini? Inilah yang akan saya informasikan beberapa cara, tips dan triks memanfaatkan facebook untuk keperluan bisnis serta menggali potensi peluang bisnis apa saja yang terkandung di situs facebook, sehingga situs Facebook tidak hanya kita gunakan untuk pertemanan, namun yang lebih penting adalah menghasilkan uang lewat Facebook. Berikut ini beberapa manfaat facebook untuk keperluan bisnis Anda:
Pertama, Menjual Produk Lewat Facebook. Anda bisa mempresentasikan dan memasarkan produk Anda secara langsung lewat jaringan pertemanan. Apakah itu menjual produk kepada teman-teman Anda atau menjual produk melalui sebuah group yang berada dalam satu jaringan yang terbentuk berdasarkan wilayah, tempat kerja, sekolah, kampus dan lain sebagainya. Agar teman-teman dan group Anda tahu tentang produk yang Anda jual, maka Anda perlu memajang produk dengan Aplikasi Pasar atau Market Place. Langkah-langkahnya antara lain:
  • Bergabung dalam suatu jaringan, masuklah terlebih dahulu ke bagian pengaturan Akun dengan cara: Pilih opsi Pengaturan > Pengaturan Akun.
  • Pada halaman Pengaturan Akun, pilih Tab Jaringan, kemudian ketik nama jaringan yang hendak Anda ikuti, misalnya Indonesia atau Jakarta dan sebagainya.
  • Jika sudah, klik tombol Bergabung dengan Jaringan dan Anda akan mendapat konfirmasi keberhasilan pendaftaran ke jaringan tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Aplikasi Pasar (Marketplace) dan memajang Produk Anda. Pilih tombol Aplikasi yang berada di sudut kiri bawah halaman Facebook Anda, pilihlah opsi Jelajahi Aplikasi Lain.
  • Selanjutnya muncul halaman baru, pada bagian sisi kiri, pilihlah opsi Pencarian, ketikkan kata kunci “marketplace” lalu Enter
  • Setelah itu carilah dan klik aplikasi Marketplace
  • Pilih tombol Menuju Ke Aplikasi
  • Halaman selanjutnya adalah Marketplace Categories, ada beberapa opsi, antara lain Dijual, (Items For Sale) Perumahan (Housing), Kendaraan (Vehicle), Lowongan Pekerjaan (Jobs), dan Lainnya. Disini Anda bisa memilih kategori produk yang ingin Anda jual, sebagai contoh Pilih opsi Dijual dengan mengklik Items For Sale
  • Langkah selanjutnya adalah Tulis judul Produk yang ingin Anda jual, pada bagian Post Items For Sale
  • Selanjutnya akan muncul jendela yang memberikan Izin Akses ke Aplikasi Marketplace, klik tombol Izinkan
  • Pada halaman selanjutnya, tulis nama Produk pada kotak Title, kemudian isi kotak Why are You Selling It? misalnya diisi dengan Butuh Uang, kemudian isi harganya di bagian Price, lalu isi lokasi dan isi keterangan produk di kotak Keterangan/Description.
  • Beri tanda centang pada opsi Profil, Daftarkan di, Privasi.
  • Pilihlah tombol Choose atau Telusuri di bagian Foto untuk menampilkan gambar produk. Kemudian cari gambar produk di komputer Anda, jika sudah klik tombol Open. Beri tanda centang pada Term of Use
  • Klik Submit
  • Selanjutnya pilih opsi Bagikan yang berada di sudut kanan atas.
  • Langkah selanjutnya pilih tab Kirim ke Profil kemudian klik tombol Kirim
  • Selesai. Anda bisa melihat tampilan produk ini di halaman profile Anda.
Kedua, Beriklan Lewat Facebook. Pada dasarnya beriklan ini sama saja dengan menjual produk, hanya saja cara yang dilakukan adalah langsung menulis deskripsi produk seperti Anda mengirim berita saja, atau Anda membuat album dan mengupload photo yang berkaitan dengan produk Anda, ini juga bisa dikategorikan beriklan dengan jaringan teman atau group. Teman istri saya berjualan tas dengan cara seperti ini. Akan tetapi beriklan yang sesungguhnya melalui Facebook adalah dengan mengajukan permintaan beriklan dengan mengklik tombol Iklan di bagian bawah halaman Facebook. Pengiklan harus membayar ke Facebook untuk beriklan ini. Gambaran umum beriklan di Facebook sebagai berikut:



  • Rancang Iklan Anda. Buat rancangan kreatif termasuk judul untuk iklan Anda (maksimal 25 karakter termasuk spasi) dan isi iklan Anda (maksimal 135 karakter termasuk spasi) di ruang yang disediakan. Anda juga bisa menggunggah sebuah foto atau gambar. Namun, sifatnya opsional.
  • Tentukan sekarang, apakah Anda ingin langsung mengarahkan orang-orang ke laman web Anda ataukah ke salah satu halaman di Facebook seperti Halaman, Aplikasi, Grup, atau Acara. Jika Anda sudah menjadi pengurus Halaman, Grup, Acara, atau Aplikasi Facebook Anda, Anda dapat memilihnya dari opsi yang tersedia. Pada tahap ini, Anda juga dapat memilih untuk melampirkan aksi sosial pada iklan Anda. Jika Anda mencontreng kotak, kami akan menambahkan konten yang memberitahu pengguna mengenai interaksi teman-teman mereka dengan merek atau bisnis Anda pada Facebook.
  • Menetapkan Target. Bidik calon pelanggan Anda dengan penyaring demografis dan psikografis mengenai orang-orang. Secara default, Facebook membidik semua pengguna berusia 18 tahun ke atas di lokasi default. Namun, Anda disarankan mengubah ini guna menjangkau orang-orang yang paling sesuai untuk iklan Anda. Pastikan untuk merujuk ke figur jangkauan yang mendekati untuk memperkirakan jumlah orang yang cocok dengan kriteria anda.
  • Promosi dan Harga. Beri nama promosi Anda tetapi ingatlah bahwa iklan dengan promosi yang sama akan berbagi jadwal tayang. Sekarang Anda dapat menyetel promosi Anda, tentukan anggaran harian dan jadwal Anda. Berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan setiap hari? Sekarang jadwalkan iklan Anda. Apakah Anda ingin promosi Anda terus menerus sejak saat iklan Anda disetujui atau pada tanggal awal dan akhir tertentu. Tentukan apakah Anda ingin bayar per klik atau bayar per tampilan.
Ketiga, Memasang dan Menjual Facebook Application. Cara ini baik bagi anda yang punya keterampilan programming. Buatlah aplikasi yang bisa digunakan di Facebook, semakin menarik aplikasi tersebut maka semakin besar potensi Anda mendapat duit lewat Facebook. Misalnya game yang menawarkan layanan premium, orang dapat menggunakan layanan tersebut bila membeli atau berlanganan aplikasi ini. Anggap saja ini jual jasa.
Keempat, Mencari Investor. Anda bisa menawarkan ide dan mencari investor lewat jaringan pertemanan anda. Kalau ada yang tertarik atas ide Anda, langkah selanjutnya adalah menghubunginya secara personal baik lewat email, telpon atau bertemu langsung.
Demikian sedikit informasi tentang manfaat Facebook untuk bisnis Anda dengan harapan Facebook bukan hanya untuk happy fun saja, tetapi bisa mencari dan mendapatkan uang melalui Facebook. Bagaimana? Apakah Anda tertarik cari duit lewat facebook? Semoga saja setelah membaca artikel ini, Anda bisa mendulang uang lewat Facebook. Sukses Untuk Anda.


No comments:

Post a Comment