Monday, October 5, 2009

dasar2 bisnis (part I)

artikel dasar2 bisnis:
Bisnis atau perusahaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan suatu nilai atau manfaat dalam bentuk barang dan jasa dengan harapan dapat memberikan keuntungan untuk menjamin lingkungan hidup.

Nilai atau manfaat dari sudut pandang pemakai :
a] Form Utility : manfaat yang muncul karena perubahan bentuk.
Contoh : Ketika kain diubah menjadi baju, nilai atau manfaatnya akan naik.
b] Place Utility : nilai yang muncul akibat tempat yang sangat membutuhkan barang tertentu.
Contoh : Mobil ber-AC lebih laku dijual di daerah tropis dibandingkan dengan daerah dingin.
c] Time Utility :perubahan nilai atau manfaat suatu barang berhubungan dengan waktu.
Contoh : Payung pada musim hujan lebih bernilai daripada pada musim panas.
d] Possesion Utility : nilai barang akan lebih tinggi jika ada bukti kepemiikan barang yang sah.
Contoh : Motor yang memiliki surat-surat kepemilikkan yang sah bisa dijual lebih mahal daripada motor tanpa surat-surat.

Bisnis sebagai sebagai sebuah organisasi.
Organisasi adalah sistem yang terdiri dari berbagai subsistem dan merupakan bagian dari sistem yang lain.

Kegiatan bisnis sebagai sebuah organisasi :
a]Produksi : penciptaan barang dan jasa.
b]Keuangan : kegiatan mencari dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dagang.
c]Pemasaran : Kegiatan untuk menginformasikan barang dan jasa, mengidentifikasikan keinginan konsumen.
d]Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) : kegiatan mencari tenaga kerja dan meningkatkan kemampuannya.

Lingkungan bisnis :
-Lingkungan intern (memberikan pengaruh langsung kepada kegiatan bisnis) : pemerintah, pesaing, konsumen, asosiasi dagang, suplier dan serikat pekerja.
-Lingkungan ekstern (memberikan pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan bisnis) : dunia internasional, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Jika sebuah perusahaan menghadapi macam-macam tekanan dari berbagai macam elem maka ia berada dalam lingkungan yang kompleks.

No comments:

Post a Comment