Wednesday, October 7, 2009

Inspirasi di setiap kesempatan

Banyak orang pandai memanfaatkan kesempatan, peluang, menjadi sebuah ide usaha yang sukses. Maka kesempatan, peluang, tantangan, apapun namanya ... coba gali terus inspirasinya.

Contoh. Sekarang sudah musim hujan. Kalau siang-siang mau coba jualan es, kayakna patut dipertimbangkan ulang. Bagaimana kalau jual yang hangat-hangat aja : wedang jahe, wedang ronde, sekoteng, dll ... ? :)

Contoh 2. Atau mau jualan jas hujan? Boleh tuh. Penulis pernah belanja di suatu mini market. Karena total belanja lumayan banyak, dikasih bonus hadiah jas hujan praktis. Sewaktu dipegang kayak nggak yakin, habisnya kecil banget packingnya, kira-kira sebesar bungkus rokok. Tapi pas suatu ketika hujan, dan kebetulan dibawa, hmm .. lumayan berguna ternyata. Jas hujan plastik transparan, packing kecil, tahan air. Nah ini mungkin bs alternatif jadi bahan jualan. Ringkas dibawa di tas anak sekolah, pegawai, dsb. Penulis juga sempet liat ada yang jual jas hujan muslimah, model longdress gitu atau terusan. Dia pakai internet sebagai (salah satu) media marketing.

Contoh 3. Sekarang banyak orang sudah mampu membeli laptop. Karena memang kenyataannya harga laptop juga sudah cukup terjangkau. Nah ada yang melihat peluang ini, jadilah produk-produk usaha : meja kecil laptop (ni buat yang suka duduk lesehan), ada juga meja laptop beralas bantal, biar empuk. Bantal dikasih tripleks di atas, sebagai penahan laptop. Malah konon produk bersangkutan sudah nyampai pasar Luar Negeri. Kesempatan/keadaan/peluang ----> inspirasi

Contoh 4. Sekarang juga era monitor LCD, pengganti alternatif monitor tabung/CRT (yang berat, berdaya besar lagi). Harga monitor LCD juga terjangkau di kantong. Banyak kantor/organisasi/pelajar/rumah tangga/industri sudah bergeser ke LCD. (Apalagi isu PLN mau naikin tarif listrik taun depan. Monitor tabung yang rakus daya bisa jadi makin ditinggalkan). Nah ada yang melihat peluang ini, jadilah produk usaha : LCD protektor dari bahan acrylic. Kalau sudah dipasang di LCD, jadi modis deh. Layar terlindungi, style lagi! Customer cukup pesan dengan menyebut ukuran layar LCD na saja. Media untuk marketing (salah satunya) dia pakai internet, dan setahu penulis, banyak juga peminatnya ternyata. Kesempatan/keadaan/peluang ----> inspirasi.

No comments:

Post a Comment